Wednesday 9 December 2015

Bahaya Bermain Jalangkung

"iya waktu itu mami masih kecil..."

"Semua bermula ketika....~~"

tapi mami tiba-tiba berhenti mengucapkan sepatah kata pun..
Aku rasa mami sedang membuat ceritanya menjadi horor

Tak lama mami mulai membuka mulutnya dan mengucapkan sesuatu..
"mungkin kalau mami boleh cerita sambil nyanyi?"

Apa?

"oke mami, nyanyi aja.."
yang penting aku bisa denger ceritanya lagi..

"mami enggak jadi nyanyi deh, suara mami enggak bagus.."

mami mulai membuat jalangkung, badannya dibikin dari bambu dan kepalanya dari batok kelapa..
Aku kira mami cuman cerita, ternyata boneka jalangkungnya dibikin juga..

"Pliss mami, jangan bikin aku takut.."
Mami menarik tangan aku mengajak aku keluar rumah dan mulai bercerita..

"santai aja, ini cuman boneka"

serius,mami bilang cuman boneka aku tetep aja merinding.. udah mau malam segala..
eh mami tiba-tiba bilang "jalangkung jalangseh datang tak di jemput pulang tak diantar"

"STOP Mami! Stop!"

gawat, mami ngucapin mantranya segala..
"jalangkung jalangseh datang tak......."

tiba-tiba mami terdiam gitu aja.. seketika boneka jalangkungnya bergerak-gerak sendiri..

"{Hei siapa yang panggil aku~?}"

"AAAAAAAAaaaaaaaa!"
aku gak teriak, tapi anak tetangga sebelah yang ternyata dari awal lihat kita main jalangkung..

"{kenapa kalian panggil saya?}"

Gawat, bonekanya ampe bertanya hal yang sama dua kali
"kita enggak panggil mbah buat datang kok, mbah yang tiba-tiba datang sendiri masuk ke dalam boneka jalangkung"

"{kenapa kalian panggil saya?}"

Aku rasa arwah didalam boneka ini ingin kita jawab jujur..
"kita cuman main mbah, enggak maksud panggil mbah.."

"{kenapa kalian panggil saya?}"

Arwah gentayangan ini tau kita masih belum jujur..
Aku tau, hal buruk bakal terjadi kali ini..
Mami harus balikin arwah gentayangan yang masuk kedalam boneka ini..
Aku langsung minta mami bilang kalo mami bakal balikin arwah gentayangan ini..

"tenang mbah, kita akan kembaliin mbah lagi"
bahkan walaupun mami bilang begitu, arwah di dalam boneka ini tetap bertanya hal yang sama

"{kenapa kalian panggil saya?}"
"{kenapa kalian panggil saya?}"
"{kenapa kalian panggil saya?}"

Mami semakin ketakutan karena boneka jalangkung tersebut juga enggak berhenti melayang layang dan bergerak kemana-mana enggak beraturan..

Aku coba pegang bonekanya erat-erat..
Eh bener, ada tombol "repeat"nya kepencet..

"klik"
oke, udah bener..

Aku rasa mami gak paham boneka jalangkung jaman sekarang..

"{saya minta tablet~!}"

"buat apa mbah?"
aku heran kenapa nih boneka minta tablet..

"{buat nulis lah}"


"oke bentar mbah..."

Sambil lari aku buruan ambil tablet dari....


"KAK!"
tiba-tiba ada yang teriak panggil aku, eh ternyata anak tetangga sebelah yang masih ngintip kita dari awal..

"pake tablet aku aja mas.. fotoin jalangkungnya sekalian ya.."

anak ini ketakutan tapi kok penasaran..
dia kembali jongkok ngintip dari balik pagar tembok rumahnya


Pas aku sodorin tablet ke jalangkungnya, tiba-tiba terlihat asap putih keluar dari boneka dan masuk kedalam tablet....

Wow... keren!

Aku ama mami coba lihat screen tablet tadi, dan si arwah mulai menulis sesuatu..

"Aku akan menguasai dunia melalui tablet ini
Dimulai mengakses akun facebook kalian berdua lalu merusak hubungan pertemanan di akun facebook yang kalian punya, bahkan twitter dan semua akun yang kalian miliki.. HAHAHAHA"

GAWAT!!

Aku shock dan takut apa yang bakal terjadi selanjutnya.. mami mulai panik keluar keringat dingin..

Bahkan mami berteriak,
"Temen-temen facebook aku!"
Mami mulai bingung

"Tenang mami, aku berpikir dulu"

Ketika aku berpikir sebentar, tablet itu mulai loading 20%

Gawat, dia udah mulai prosesnya..

50%

Aku tahu, cuman ada satu cara yang mungkin bisa berhasil..

Anti virus!

Aku segera cari anti virus yang ada..

70%
Loading hampir selesai..!

"anti virus ini pakenya apa?"

"itu kak, yang ada tulisannya protector.."
anak tetangga memberitahu kita antivirus yang dia punya

90%
tinggal beberapa detik lagi!..

Aku cari cari.. ada satu aplikasi namanya Ghost Protector..

98%

mungkin ini..!

Aku pilih.. dan...

tiba-tiba screen tablet itu jadi putih semua dan sangat menyilaukan....
Dan terdengar suara jeritan...

"AAAaaaaaaargh!!"

tablet itu melayang-layang di udara..

Anak tetangga tiba-tiba berteriak
"Akhirnya aku menangkapmu!"

Ketika aku lihat ke anak tetangga tadi, dia berdiri di atas tembok pagar rumahnya dengan pakaian kesatria dewa yunani berwarna keemasan..

Tablet tadi mengeluarkan suara mendesah, "ternyata kau Hefe!"

Aku dan mami kaget,
"Loh, kamu anak yang tadi?"

"Iya, saya adalah penjaga gerbang batas dunia dan roh.. nama saya adalah Hefe"

"Kenapa tadi kamu diam aja enggak buruan bantu kita??"

"Karena kalau saya keluar dari tembok pembatas aura ini, dia akan tahu keberadaan saya"

"Arwah yang ada di dalam tablet itu adalah arwah jahat yang selama ini kami cari hingga 100 tahun, yang bernama "Jalkeen".. lengkapnya adalah "Pimean tulon Jalkeen"
Dalam bahasa finlandia artinya "waktu malam"
Dia pernah membuat bumi berada dalam kegelapan..
Dan kami kesulitan menangkapnya karena ia selalu berpindah-pindah ke seluruh penjuru bumi..
Kalian tahu kenapa orang negeri ini selalu memanggilnya jalangkung?
karena negeri ini pernah berada dalam kegelapan karena arwah jahat ini.. saat itu semua orang pernah berada dalam pengaruh gelapnya..

RA. Kartini adalah orang pribumi negeri ini yang pernah membantu kami untuk menangkapnya.. kisah itu ia tulis di bukunya "habis gelap terbitlah terang".

Tapi kami sadar saat itu hanya setengah tubuh jalkeen yang berhasil kami tangkap, jadi kami menciptakan permainan yang mungkin dapat membantu kami menangkap sebagian tubuh jalkeen..
nama permainan itu berasal dari nama arwah jahat ini yaitu jalangkung dari nama jalkeen"

"Terimakasih sudah membantu kami menangkap jalkeen.. Kami akan membawa jalkeen di dalam tablet ini dan menetralkan jalkeen agar tidak menciptakan masalah serius lagi di bumi ini.."

Seketika rumah tetangga tadi berubah jadi kereta kuda yunani yang membiaskan cahaya keemasan..

"Itu, kereta kuda!"

Ternyata anak tetangga, eh tetangga kita adalah kesatria dewa yunani

Sepertinya Hefe udah bersiap untuk pergi..

"Aktifkan GPS! kita kembali ke kantor pusat!"

Kereeen, kereta kudanya ada GPSnya juga..
Akhirnya Hefe terbang ke langit naik kereta kudanya.. Entah dimana kantor pusatnya...

Dan rumah tetangga sekarang jadi tanah kosong..

"Mami! mami enggak apa2?"

"iya, mami masih enggak percaya yang barusan mami lihat.."
"Mending kita jangan main jalangkung lagi.."

Mami adalah temen aku, namanya Mami Jatmika..

Tapi aku penasaran..
Jadi kalau kita main jalangkung lagi, siapa yang bakal masuk ke boneka ini??